Audiensi Askes, Integrasi Data dan Informasi Kebencanan Provinsi NTB dengan Pusdatinkom BNPB (Kamis, 24 November 2022)

Audiensi Askes, Integrasi Data dan Informasi Kebencanan Provinsi NTB dengan Pusdatinkom BNPB (Kamis, 24 November 2022)
Audiensi Askes, Integrasi Data dan Informasi Kebencanan Provinsi NTB dengan Pusdatinkom BNPB ( Jum'at, 24 November 2022)

Audiensi Askes, Integrasi Data dan Informasi Kebencanan Provinsi NTB dengan Pusdatinkom BNPB

Dalam rangka pengembangan Sistem Informasi Kebencanaan (SIK) di Provinsi NTB, Pemerintah Provinsi NTB dalam hal ini BPBD dan Diskominfotik bersama dengan SIAP SIAGA dan KONSEPSI NTB melakukan kunjungan kerja ke Pusat Data Informasi dan Komunikasi (PUSDATINKOM) BNPB pada hari Kamis tanggal 24 November tahun 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk menjajaki pelung sinkronisasi dan integarsi sistem data dan informasi kebencanaan yang dikelola oleh BNPB dengan yang dikelola oleh Pemerintah NTB, sehingga teknis integasi sistem data dan informasidapat teridentifikasi.

Sub Koordinator Kedaruratan BPBD Provinsi NTB meminta arahan BNPB bagaimana teknis dalam pengembangan SIK dan proses Instegarsi data pusat ke daerah dan sebaliknya. Kepala Bidang PTIK Diskominfotik Provinsi NTB menambahkan bahwa di NTB belum memiliki Sistem Informasi Kebencanaan yang komprehensif yang mampu mengcover semua kebutuhan data baik data Pra Bencana, Tanggap Darurat dan Pasca Bencana termasuk juga data-data yang sifatnya transional.

Dalam kunjungan Tim SIK NTB ini diterima langsung oleh Kepala Bidang Data dan Informasi BNPB, Bapak Teguh Harjito. Beliau menyampaikan apresiasi kepada NTB yang sudah mulai berpsoses dalam pengembangan Sistem Informasi Kebencanaan yang komprehensif. Menanggapi keinginan dari Tim SIK NTB, bahwa proses integasi data dari pusat ke daerah dan sebaliknya akan sepenuhnya dibantu oleh BNPB, “terkait integrasi data dalam pengembangan Sistem Informasi Kebencanaan, kami BNPB sangat mendukung dan akan membantu kebutuhan tersebut dan akan ikut mengawal pengembangan ini, ungkap beliau.

Selain Audiensi terkait Pengembangan Sistem Informasi Kebencanaan, Tim SIK NTB dalam hal ini BPBD juga meminta dukungan terkait operasional Pusdalops-PB BPBD NTB seperti penyediaan Call Center, Pengaktifan Mobil Commob, dan penguatan Radio Komunikasi.

#SiapUntukSelamat
#KitaJagaAlamJagaKita
#SalamTangguh
#SalamKemanusiaan
#BudayaSadarBencana
#KenaliAncamannya
#KurangiRisikonya
#NTBTangguh
#NTBgemilang

Pusdalops-PB BPBD NTB

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment