Bencana Alam Banjir di kecamatan sakra Kabupaten Lombok Timur

Bencana Alam Banjir di kecamatan sakra Kabupaten Lombok Timur
Bencana Alam Banjir di kecamatan sakra Kabupaten Lombok Timur

Bencana Alam Banjir di kecamatan sakra Kabupaten Lombok Timur

Terjadi hujan deras di wilayah kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur Rabu, 8 Maret 2023 pukul 20.40 WITA yang mengakibatkan Meluapnya Air ke Badan Jalan dan Terendamnya beberapa rumah warga karena debita air yang tinggi. Setidaknya 10 rumah terendam dan 13 KK serta 31 jiwa terdampak di RT 3 Kenaot Baru Dusun Penye Timur Desa Suangi Timur kec. Sakra Kabupaten Lombok Timur. Kondisi saat ini dilokasi sudah kondusif serta tidak ada korban jiwa, akan tetapi masyarakat perlu waspada terhadap kondisi cuaca karena beberapa wilayah di NTB berdasarkan prakiraan BMKG masih dalam musim penghujan.

Dalam upayanya BPBD Provinsi NTB melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Lombok Timur dan stakeholder terkait, BPBD Provinsi NTB melakukan Koordinasi dengan BMKG terkait perkembangan cuaca, Pusdalops-PB BPBD Provinsi NTB melakukan penyebaran informasi melalui Medsos, BPBD Kabupaten Lombok Timur melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) telah melakukan kaji cepat serta koordinasi dengan stekholder terkait dan pemerintah Desa terdampak untuk penanganan lebih lanjut.

Himbauan BMKG, Seruakan dingin dari benua Asia, aktifnya monsun Asia dan adanya pusat tekanan rendah yang terjadi di wilayah Utara Australia memicu terjadinya angin kencang dan hujan lebat yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia bagian Selatan termasuk NTB dalam beberapa hari kedepan. Masyarakat diharapkan dapat terus waspada akan adanya potensi bencana hidrometeorologis (seperti banjir, angin kencang dan tanah longsor) yang terjadi pada periode peralihan musim hujan menuju musim kemarau yang sedang berlangsung di NTB saat ini. Masyarakat juga dihimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sumber data : BPBD Kabupaten Lombok Timur

 

Pusdalops-PB BPBD NTB

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment