Kalak BPBD Provinsi NTB Turut Mendampingi Menteri Sosial RI Kunjungi Lokasi Banjir Di Kabupaten Lombok Barat (Jum'at, 10 Desember 2021)

Kalak BPBD Provinsi NTB Turut Mendampingi Menteri Sosial RI Kunjungi Lokasi Banjir Di Kabupaten Lombok Barat (Jum'at, 10 Desember 2021)
Kalak BPBD Provinsi NTB Turut Mendampingi Menteri Sosial RI Kunjungi Lokasi Banjir Di Kabupaten Lombok Barat (Jum'at, 10 Desember 2021)

Kalak BPBD Provinsi NTB Turut Mendampingi Menteri Sosial RI Kunjungi Lokasi Banjir Di Kabupaten Lombok Barat

Pada hari Jum’at tanggal 10 Desember 2021 Kalak BPBD Provinsi NTB Bersama Ibu Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., mendampingi kedatangan Menteri Sosial Republik Indonesia ( Mensos RI)  Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M. T untuk meninjau langsung lokasi terdampak bencana banjir bandang di Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat, Turut juga mendampingi Bupati Lombok Barat, KAPOLDA NTB, DANREM 162/Wira Bhakri, Kepala Dinas Sosial NTB, Kalak BPBD Lombok Barat dan Kepala Desa Batulayar Barat serta rombongan Dinas terkait.

Setibanya di bandara Internasional ZAM Lombok pada pukul 09.00 wita, Mensos RI yang akrab di panggil Ibu Risma ini kemudian langsung menuju lokasi tempat terjadinya banjir di Desa Batulayar untuk melihat langsung lokasi terdampak banjir yang dimana lokasi tersebut tempat meninggalnya 5 warga akibat banjir bandang, Senin (6/12/2021) lalu, kemudian Ibu Risma mengunjungi Pos Pengungsian masyarakat di Dusun Batulayar Utara untuk menyapa  warga masyarakat dan mendengarkan keluh kesah mereka kemudian Ibu Risma memberi semangat kepada warga yang terdampak banjir terutama memberi semangat serta menghibur  anak-anak yang berada di pos pengungsian dengan memberikan hadiah kepada semua anak-anak yang berada di tenda pengungsian.

Dalam kesempatan ini Ibu Risma melantunkan Sholawat Bersama anak-anak yang berada di tenda pengunsian dan mengatakan akan mencari lokasi yang aman untuk di buatkan tenda pegungsian agar warga yang rumahnya terdampak banjir dapat tidur dengan aman, mengingat kondisi cuaca pada saat ini masih belum di nyatakan aman atau normal, sehingga tenda pengungsi yang berada dilokasi yang aman dirasa perlu di dirikan untuk mengantisipasi datangnya hal-hal yang tidak di inginkan.

Kemudian Mensos RI Bersama Rombongan mencari lokasi yang akan di didrikan tenda pengungsi, dapur umum serta toilet portable, tenda pengungsi ini akan di gunakan satu hingga dua bulan ke depan sampai kondisi cuaca kondusif dan dinyatakan normal hingga masyarakat bisa Kembali ke rumah  mereka masing-masing.

Menteri Sosial Ibu Risma melanjutkan meninjau ke titik lokasi terjadinya Banjir di Desa Kekait Kabupaten Lombok Barat pada pukul 14.00 wita Ba’da Jum’at, dalam kesempatan ini buk risma mengarahan kepada Kepala Desa setempat agar masyarakat diberikan sosialisasi terkait dengan jalur evakuasi yang di gunakan pada saat bencana agar masyarakat tidak bingung akan lari ke mana pada saat situasi bencana, dengan adanya arah evakuasi yang jelas maka dapat mengurangi risiko dan korban jiwa.

Setelah Meninjau lokasi titik bencana di Desa kekait Ibu Risma dan Rombongan melanjutkan mengunjungi pos pengungsian dan kemudian mencari titik lokasi yang akan di dirikan tenda pengungsi untuk masyarakat yang terdampak banjir di Desa Kekait Kabupaten Lombpok Barat.

Pada musim penghujan ini, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem (Fenomena La Nina) berupa angin kencang dan hujan lebat yang berpotensi menyebabkan terjadinya bencana Banjir, Banjir Bandang, Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung. Update terus perkembangan kejadian bencana melalui sosmed dan web BPBD Provinsi NTB.

#SiapUntukSelamat
#KitaJagaAlamJagaKita
#SalamTangguh
#SalamKemanusiaan
#BudayaSadarBencana
#KenaliAncamannya
#KurangiRisikonya
#NTBTangguh
#NTBgemilang

Bidang Kedaruratan dan Logistik Pusdalops-PB BPBD NTB

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment