Press Release Prakiraan Musim Kemarau 2022 (Kamis, 31 Maret 2022)

Press Release Prakiraan Musim Kemarau 2022 (Kamis, 31 Maret 2022)
Press Release Prakiraan Musim Kemarau 2022 (Kamis, 31 Maret 2022)

Press Release Prakiraan Musim Kemarau 2022

Kamis (31/03/2022) Kabid Kedaruratan dan Logistik didampingi Sub koordinator Kedaruratan dan Sub koordinator Logistik mewakili Kalaksa BPBD Provinsi NTB menghadiri acara “Press Release Prakiraan Musim Kemarau 2022” yang diadakan oleh BMKG Lombok Barat Kelas I.

Berdasarkan informasi dari BMKG bahwa kondisi Enso saat ini daam posisi La-Nina lemah dan diprakiraan akan bertahan setidaknya hingga bulan Maret 2022, Enso berangsur netral pada april juni 2022. Kondisi suhu muka laut disekitar perairan NTB yang saat ini terpantau masih dalam kondisi relatif hangat dan diperdiksi akan tetap menghangat hingga bulan september 2022. Angin baratan masih cukup dominan pada april, sedangkan pada bulan Mei-Juni angin baratan diprediksi terus melemah dan akan mendominasi wilayah Indonesia. Kondisi-kondisi tersebut mengindikasikan masuknya awal musim kemarau 2022 di NTB cukup beragam, di Prakiraan awal musim kemarau terjadi pada bulan Maret-April Sedangkan puncak musim kemarau terjadi pada bulan Juli-Agustus. Awal musim kemarau 2022 di NTB cukup beragam, didominasi Normal namun terdapat pula wilayah yang mengalami musim kemarau yang lebih cepat dan lebih lambat dibandingkan dengan Normalnya.

Berdasarkan kondisi dinamika atmosfer dan laut serta prakiraan musim kemarau 2022, perlu dicermati dan di WASPADAI adanya potensi kekeringan, mengingat periode musim kemarau di wilayah NTB normalnya bisa mencapai enam hingga tujuh bulan dan pada periode puncak musim kemarau, potensi curah hujan relatif sangat kecil. 

Menyikapi informasi dari BMKG Kabid Kedaruratan dan Logistik menyampaikan bahwa dari tahun ke tahun yang terdampak dari bencana alam kekeringan semakin meningkat hal ini lah yang perlu kita antisipasi sebelum terjadinya kekeringan. Oleh karena itu dalam waktu dekat ini kami akan melaksanakan Rakor untuk menyiapkan semua kebutuhan dan tindakan dalam mengatisipasi bencana kekeringan ini.

#SiapUntukSelamat
#KitaJagaAlamJagaKita
#SalamTangguh
#SalamKemanusiaan
#BudayaSadarBencana
#KenaliAncamannya
#KurangiRisikonya
#NTBTangguh
#NTBgemilang

Bidang Kedaruratan dan Logistik Pusdalops-PB BPBD NTB

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment