Rapat Koordinasi Lanjutan Pembentukan Sistem Informasi Kebencanaan di Provinsi NTB (Jum'at, 22 Juli 2022)

Rapat Koordinasi Lanjutan Pembentukan Sistem Informasi Kebencanaan di Provinsi NTB (Jum'at, 22 Juli 2022)
Rapat Koordinasi Lanjutan Pembentukan Sistem Informasi Kebencanaan di Provinsi NTB (Jum'at, 22 Juli 2022)

Rapat Koordinasi Lanjutan Pembentukan Sistem Informasi Kebencanaan di Provinsi NTB

Dalam rangka pembentukan sistem informasi kebencanaan di Provinsi NTB, BPBD Provinsi NTB yang bekerja sama dengan Tim Siap Siaga mengadakan rapat koordinasi lanjutan yang bertempat di Ruang Rapat BPBD Provinsi NTB pada hari Jum’at tanggal 22 Juli 2022. Agenda pada rapat koordinasi untuk membahasa Skema Bisnis Proses SIK serta pembentukan Tim Penyusun Pedoman SIK. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas DPMPD dan Dukcapil Provinsi NTB, Perwakilan Biro Hukum dan Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Perwakilan-perwakilan dari BPBD Provinsi NTB, Perwakilan Dinas Kominfotik Provinsi NTB, dan Tim Siap Siap Siaga.

Dari 7 tahapan atau roadmap dari pembentukan SIK saat ini sudah mencapai tahap perencanaan yaitu membentuk Pedoman SIK. Sebelum membentuk Pedoman SIK akan dibentuk Tim Penyusun yang akan membuat Pedoman tersebut. Dalam pembentukan Pedoman SIK akan berlandaskan dari Perka BNPB nomor 7 tahun 2012 tentang pedoman pengelolaan data dan informasi Bencana Indonesia.

Pedoman ini dibuat agar dapat menjelaskan praktik terbaik yang harus dimasukkan dalam pengembangan system dan implementasi program, pengembangan system membutuhkan serangkaian proses sistematis dan disiplin, memastikan bahwa system secara tekis memenuhi kebutuhan dan persyaratan yang ditentukan, mencakup fungsi dari pengembangan system, dan memenuhi harapan pemangku kepentingan. Untuk tim Penyusun pedoman SIK masih akan dibahas dalam rapat koordinasi lanjutan karena masih belum final.

#SiapUntukSelamat
#KitaJagaAlamJagaKita
#SalamTangguh
#SalamKemanusiaan
#BudayaSadarBencana
#KenaliAncamannya
#KurangiRisikonya
#NTBTangguh
#NTBgemilang

Pusdalops-PB BPBD NTB

 

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment