Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Provinsi NTB

Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Provinsi NTB
Suasana Rakor Penanggulangan Kemiskinan

Mataram - Hari ini Kamis (14/10/2021) bertempat di Ruang Rapat Bappeda Prov. NTB dilaksanakan Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Prov. NTB yang dipimpin oleh Kepala Bappeda Prov. NTB (DR. Ir. H. Iswandi, M.Si) yang dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah Prov. NTB terkait, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Lembaga-lembaga Swadaya Masyarakat.

Berdasarkan data yang ada bahwa prosentase penduduk miskin dari tahun 2019 dan 2020 mengalami penurunan dari 14,23% ke 14,13% namun dari sisi jumlah mengalami kenaikan dari 746.040 menjadi 746.460 sehingga diperlukan upaya penanganan kemiskinan secara lebih optimal yang bukan saja dilaksanakan oleh pemerintah namun harus didorong untuk dilaksanakan secara bersama-sama melalui program pemerintah dengan melibatkan unsur-unsur terkait lainnya baik tokoh agama, tokoh masyarakat, LSM, Dunia Usaha maupun masyarakat itu sendiri.

Atas inisiasi Bappeda Prov NTB telah diterbitkan Peraturan Gubernur NTB Nomor 29 tahun 2021 tentang Penanggulangan Kemiskinan. Hadirnya Peraturan Gubernur NTB ini dihajatkan untuk percepatan upaya penanggulangan kemiskinan secara kolaboratif di Provinsi NTB.

Untuk menjamin akurasi data penduduk miskin didasarkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) sehingga diharapkan penanggulangan kemiskinan dapat dilakukan lebih optimal secara kolaboratif.

Tokoh masyarakat H. Mesir Suryadi memberikan masukan agar pemerintah mengoptimalkan pemanfaatan lahan tidur untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Tokoh masyarakat H. Badrul Munir pun memberikan kisi-kisi agar Gerakan Multi Pihak dalam rangka penanggulangan kemiskinan ini dengan melibatkan perguruan tinggi se-NTB dalam memberikan pendampingan perencanaan pembangunan di desa.

Demikian juga apresiasi yang disampaikan Pengurus NU NTB agar masing-masing organisasi kemasyarakatan melakukan gerakan peningkatan kemampuan ekonomi dan kapasitas anggotanya di masing-masing wilayah.

Semoga upaya penanggulangan kemiskinan di Prov. NTB secara signifikan dapat mencapai hasil yang lebih baik.

#NTB_GEMILANG

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment