Rapat Koordinasi Penyusunan Strategi Sistem Informasi Kebencanaan (SIK) NTB (Senin, 13 Juni 2022)

Rapat Koordinasi Penyusunan Strategi Sistem Informasi Kebencanaan (SIK) NTB (Senin, 13 Juni 2022)
Rapat Koordinasi Penyusunan Strategi Sistem Informasi Kebencanaan (SIK) NTB (Senin, 13 Juni 2022)

Rapat Koordinasi Penyusunan Strategi Sistem Informasi Kebencanaan (SIK) NTB

Hari Senin (13/06/2022) telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan Strategi Sistem Informasi Kebencanaan (SIK) Provinsi NTB Di ruang Rapat BPBD Prov NTB guna membahas tentang Persiapan Workshop SIK. Sekretaris BPBD Provinsi NTB Mewakili Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB membuka rapat tersebut.

Pada rapat koordinasi ini membahas persiapan workshop SIK dan Katalog Data Bencana seperti menyepakati apa saja yang akan ditambahkan atau direvisi dari pembahasan sebelumnya mengenai SIK dan terkait katalog data mengenai penanganan dalam penanggulangan bencana, seperti data apa saja yang harus dihimpum agar sesuai dengan kebutuhan SPM. Dari dua diskusi sebelumnya dapat ditarik kesimpulan strategi SIK untuk NTB tetapi kita belum menentukan langkah-langkah apa saja yang akan diambil untuk mencapai strategi tersebut. Terkait data katalog, ada 3 kebutuhan yang harus dipenuhi yaitu data kebencanaan seperti, data kedaruratan logistic, kesiapsiagaan, dan rehabilitasi rekonstruksi. Untuk pencapaian kebutuhan SPM, akan lebih banyak di data logistic dan kesiapsiagaan. Terkait langkah-langkah dan indikator capaian yang harus dipenuhi dari strategi tersebut, berdasarkan kesepakatan bersama pada hari ini mungkin  dapat menjadi bahan diskusi kelompok pada saat workshop. Untuk pengumpulan dan pengolahan data, penyajian dan diseminasi data, dan tim pengelola SIk belum memiliki langkah-langkah yang rinci.

Mengenai workshop yang akan dilaksanakan, pada rapat tersebut membahas tentang beberapa hal yaitu Topic pemaparan, Narasumber, Moderator, Materi diskusi kelompok, Fasilitator, Peserta workshop, dan Agenda kegiatan. Narasumber dari kegiatan workshop akan berasal dari BNPB dan Kominfotik yang nantinya akan dilaksanakan secara hybrid yaitu narasumber via offline dan online. Berikut agenda workshop yang disepakati

  1. Workshop akan dilaksanakan selama 1 hari,yaitu tanggal 30 Juni 2022
  2. Pada sesi pembukaan akan ada pengantar yang akan disampaikan oleh perwakilan dari BPBD
  3. Pada sesi pemaparan materi akan disampaikan :
  • Pemaparan DIBI oleh perwakilan dari BNPB
  • Pengantar (strategi SIK NTB)
  • Manajemen system informasi dan satu data bencana NTB.
  1. Sesi berikutnya akan dilakukan diskusi dan tanya jawab.
  2. Sesi terakhir akan dilakukan pemaparan materi dari Diskominfotik

#SiapUntukSelamat
#KitaJagaAlamJagaKita
#SalamTangguh
#SalamKemanusiaan
#BudayaSadarBencana
#KenaliAncamannya
#KurangiRisikonya
#NTBTangguh
#NTBgemilang

Pusdalops-PB BPBD NTB

 

 

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment