Rapat koordinasi sistem informasi kebencanaan NTB (Selasa, 12 April 2022)

Rapat koordinasi sistem informasi kebencanaan NTB (Selasa, 12 April 2022)
Rapat koordinasi sistem informasi kebencanaan NTB (Selasa, 12 April 2022)

Rapat koordinasi sistem informasi kebencanaan NTB

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk meningkatkan sistem informasi kebencanaan serta terciptanya satu data bencana yang efektif dan komprehensif. Rapat ini dilaksanakan pada hari Selasa (12/04/2022) di ruang rapat kantor BPBD Provinsi NTB pada pukul 09.00 WITA. Rapat ini dibuka oleh Sekretaris BPBD Provinsi NTB mewakili Kalak BPBD Provinsi NTB dan dilanjutkan pemaparan materi oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik serta Fasilitator Tim Siap Siaga.

Rapat koordinasi dilatar belakangi karena dalam penanggulangan bencana tidak hanya kebutuhan logistic maupun kesehatan saja, tetapi juga bagaimana system informasi kebencanaan yang terkontrol dalam satu system.  Untuk mendukung system informasi kebencanaayang terkontrol diperlukan data yang terpusat atau satu data. Kita tidak hanya membutuhkan datanya saja, tetapi kita juga perlu memproses data tersebut menjadi sebuah informasi. 

BPBD Provinsi NTB menyampaikan materi terkait dengan pusdalops. Adapun beberapa point yang dibahasa antara lain Kelembagaan Pusdalops, Tugas pokok, Fungsi, Tanggung jawab, Pengolahan data serta  kesulitan Pusdalops dalam data jumlah mendapatkan informasi penduduk, data terpilah termasuk gender dan kelompok usia, data geografis, batas wilayah dan demografi.

Selanjutnya, penyampaian materi dari fasilitator. Ada 3 point penting kenapa sistem informasi kebencanaan diperlukan yaitu, untuk meningkatkan kemampuan perencanaan penanggulangan bencana, mendukung proses pelaporan kejadian secara cepat dan tepat, dan memberikan informasi secara lengkap dan aktual. Satu Data Bencana diperlukan agar data tersebut dapat diakses oleh semua pihak, kesenjangan data dapat diidentifikasi, dan mengurangi masalah jarak dan waktu dalam pemberian informasi. dibutuhkan strategi yang perlu ditingkatkan agar data tersebut dapat trealisasi secara continue dan selalu update. Selanjutnya Pak Hendri selaku fasilitator menyampaikan materi terkait strategi-strategi dan memberikan contoh usulan struktur katalog data Integrasi data lintas Subsektor Kebencanaan dan usulan content system informasi kebencanaan NTB.

#SiapUntukSelamat
#KitaJagaAlamJagaKita
#SalamTangguh
#SalamKemanusiaan
#BudayaSadarBencana
#KenaliAncamannya
#KurangiRisikonya
#NTBTangguh
#NTBgemilang

Pusdalops-PB BPBD NTB

 

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment