Rapat Uji Publik Perubahan atas Peraturan BNPB No. 5 Tahun 2017 tentang Penyusunan Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana

Rapat Uji Publik Perubahan atas Peraturan BNPB No. 5 Tahun 2017 tentang Penyusunan Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana

Mewakili Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB, Kabid RR dan Kerjasama Penanggulangan Bencana mengikuti undangan rapat dari Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB via zoom meeting dengan agenda Uji Publik Perubahan atas Peraturan BNPB No. 5 Tahun 2017 tentang Penyusunan Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana (R3P), Rabu (3/11/2021). Acara ini dilakukan dalam rangka penyelenggaraan pemulihan pascabencana yang terintegrasi melalui dokumen perencanaan, sehingga diperlukan perubahan atas Peraturan BNPB Nomor 5 Tahun 2017. 

Acara diawali dengan arahan dan pembukaan oleh Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Bapak Jarwansyah. Dalam arahan beliau, disampaikan bahwa ada beberapa pasal yang perlu dirubah untuk didetailkan atau diuraikan Kembali agar mudah dalam pelaksanaannya. Setelah arahan dan pembukaan dari Bapak Jarwansyah, dilakukan paparan singkat dan overview Draft Perubahan atas Peraturan BNPB No. 5 Tahun 2017 oleh Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Bapak Johny Sumbung.  

Jalannya diskusi dipandu oleh moderator Kasubdit Inventarisasi dan Analis Kebutuhan. Ikut memberikan masukan pada saat diskusi adalah Bapak Ali Bernadus Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik. Ada 2 point yang menjadi masukan dari pak Bernad sapaan akrabnya, yaitu yang pertama terkait masa berlaku R3P tersebut harus menggunakan bahasa hukum yang jelas sehingga tidak menimbulkan multi tafsir. Kemudian yang kedua, terkait bagaimana agar dokumen R3P ini menjadi lebih “bergigi” sehingga betul-betul menjadi rujukan dalam penganggaran. Untuk itu diperlukan sebuah narasi yang bukan menggunakan bahasa normatif lagi, tapi menggunakan bahasa yang bisa menjadi nilai tawar tinggi dalam proses penganggaran.

Uji publik ini berjalan cukup dinamis dengan beberapa pertanyaan dan masukan dari BPBD Provinsi yang diundang dan diakhir acara kembali ditutup oleh Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB.

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment