Sosialisasi dan Desiminasi Rencana Tindak Darurat (RTD) Kabupaten Lombok Tengah (Kamis, 03 Februari 2022)

Sosialisasi dan Desiminasi Rencana Tindak Darurat (RTD) Kabupaten Lombok Tengah (Kamis, 03 Februari 2022)
Sosialisasi dan Desiminasi Rencana Tindak Darurat (RTD) Kabupaten Lombok Tengah (Kamis, 03 Februari 2022)
BPBD Provinsi NTB bekerja sama dengan BWS NT 1 Mengadakan Sosialisasi dan Desiminasi Rencana Tindak Darurat (RTD) bendungan pada hari ini Kamis tanggal 03 Februari 2022 yang bertempat di ruang rapat balroom lantai 5 kantor bupati lombok tengah. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Lombok Tengah Bapak Fathul Bahri, S.IP. Dalam kegiatan RTD ini terdapat 8 Bendungan yang disosialisasikan diantaranya :
1. Bendungan Pancor
2. Bendungan Batu Bokah
3. Bendungan Surabaya
4. Bendungan Pengga
5. Bendungan Batu Jai
6. Bendungan Mapasan
7. Bendungan Jangkih Jawe
8. Bendungan Sepi
 
Mengingat kebijakan pemerintah NTB dalam mitigasi bencana banjir akibat kegagalan bendungan atau bangunan yang berpotensi bencana, dengan mendorong upaya penegakan peraturan atau pedoman terkait dengan tindakan darurat terhadap bangunan-bangunan rekayasa teknologi yang berpotensi menimbulkan bencana sebagai salah satu Langkah dan upaya dalam mitigasi bencana.
 
Kegiatan Sosialisasi dan Desiminasi Rencana Tindak Darurat (RTD) ini diikuti oleh para Camat dan Kepala Desa serta tokoh masyarakat Desa yang berada dihilir bendungan yang dimana desa-desa ini yang akan terdampak apabila terjadinya kegagalan konstruksi atau jebolnya bendungan terebut. Dalam desiminasi tersebut disampaikan apa saja yang harus dilakukan oleh masyarakat ketika terjadi bencana akibat kegagalan konstruksi bendungan. Dokumen yang disampaikan juga terkait titik-titik rambu evakuasi ( titik kumpul, jalur evakuasi, tempat pengungsian dll).
 
Pada kesempatan ini hadir juga Kalak BPBD Provinsi NTB, Kalak BPBD Kabupaten Lombok Tengah, Kepala Dinas PUPR yang diwakili oleh Kepala Bidang SDA, BWS NT 1, BAPEDA Lombok Tengah, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial Lombok Tengah, Para camat dan Kades terdampak dan para Konsultan penyusun RTD.
 
Pusdalops-PB BPBD NTB

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment