Sosialisasi Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Tanggap Bencana dan Pengenalan Aplikasi SIAGA NTB (Selasa, 5 Juli 2022)

Sosialisasi Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Tanggap Bencana dan Pengenalan Aplikasi SIAGA NTB (Selasa, 5 Juli 2022)
Sosialisasi Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Tanggap Bencana dan Pengenalan Aplikasi SIAGA NTB (Selasa, 5 Juli 2022)

Sosialisasi Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Tanggap Bencana dan Pengenalan Aplikasi SIAGA NTB

Pada hari ini Selasa, 05 Juli 2022 BPBD Provinsi NTB Melalui bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan menghadiri kegiatan sosialasi kepada masyarakat yang bertema Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Tanggap Bencana dan Pengenalan Aplikasi SIAGA NTB. Sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja (Proker) dari Mahasiswa Universitas Mataram yang sedang melaksanakan  KKN Tematik di Desa Taman Baru, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Desa Taman Baru Bapak H. Fadilah kemudian dilanjutkan dengan kata Sambutan oleh bapak Supardi, S,.sos,.MM perwakilan dari bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi NTB.

Dalam sosialisasi tersebut BPBD Provinsi NTB berperan sebagai narasumber dalam hal ini yang diwakili  oleh bapak Mustakim, ST.,MT. dari bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi NTB, yang memberikan materi tentang Tanggap Bencana dan Pengenalan Aplikasi SIAGA NTB. Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat terhadap tanggap bencana selain itu memberikan informasi terkait Aplikasi Sistem Informasi Kebencanaan (SIK) yaitu SiAga NTB. 

Peningkatan kapasitas masyarakat dalam mengahadapi bencana sangat penting untuk menurunkan risiko terhadap dampak bencana. Untuk itu Aplikasi SiAga NTB menghadirkan edukasi bencana seperti SOP bencana, dan Desa Tangguh Bencana “DESTANA” sebagai kategori kesiapan Desa dalam menghadapi bencana dan lebih tanggap terhadap bencana.

Aplikasi SiAga NTB merupakan salah satu aplikasi unggulan program Pemerintah Provinsi NTB dalam sektor penanganan kebencanaan. Aplikasi tersebut menjadi sarana edukasi terkait kebencanaan, mulai dari user/pengguna/masyarakat dapat melaporkan bencana, info/berita terkait bencana, dan fitur-fitur edukasi kebencanaan.

Oleh karena itu, diharapkan untuk semua masyarakat Nusa Tenggara Barat untuk menginstal aplikasi SiAga NTB pada handphone yang berbasis android untuk menambah edukasi kita dan kesiapan dalam menghadapi bencana, karena perlu diketahui bahwa wilayah Nusa Tenggara Barat rawan akan terjadi bencana alam.

#SiapUntukSelamat
#KitaJagaAlamJagaKita
#SalamTangguh
#SalamKemanusiaan
#BudayaSadarBencana
#KenaliAncamannya
#KurangiRisikonya
#NTBTangguh
#NTBgemilang

Pusdalops-PB BPBD NTB

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment