Talkshow Berugaq TVRI NTB Bersama Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB

Talkshow Berugaq TVRI NTB Bersama Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB
Talkshow Berugaq TVRI NTB Bersama Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB

Talkshow Berugaq TVRI NTB Bersama Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB

Giat Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB hari Senin (13/12) dalam program TVRI NTB dengan topik “Waspada Bencana Masih Mengintai”. Undangan sebagai Narasumber dipenuhi Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB H. Sahdan MT., bersama dengan Restu Patria selaku Koordinator Data dan Informasi Stasiun BMKG Lombok Barat dan Najamuddin Mustafa selaku Anggota DPRD Provinsi NTB.

Dialog berfokus kepada koordinasi antara semua pihak terkait dalam mengatasi fenomena bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa daerah di Nusa Tenggara Barat, khususnya kejadian yang menimbulkan dampak lebih besar di Kabupaten Lombok Barat. Sesuai dengan peringatan fenomena La-Nina yang dikeluarkan Stasiun BMKG Lombok Barat yang akan terjadi sampai dengan bulan Juni tahun 2022, menjadi perhatian untuk BPBD Provinsi NTB yang disampaikan Kepala Pelaksana BPBD NTB bahwa koordinasi antar pihak sudah dijalin jauh sebelum bencana terjadi, beberapa pertemuan telah dilakukan dengan BPBD Kabupaten/Kota Se-Nusa Tenggara Barat terhadap kesiapan Personil, peralatan, kendaraan penanganan kebencanaan dan bantuan Logistik. Apel gelar pasukan juga sudah dilakukan bersama dengan Korem 162/WB beserta jajaran, Polda NTB besert- jajaran, Dinas Sosial Provinsi NTB, Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan OPD lainnya yang dapat mendukung penanganan kebencanaan.

Lebih dari itu Kalak BPBD NTB juga menekankan bahwa penanganan kebencanaan bukan hanya masa darurat atau tanggap bencana melainkan kesiapsiagaan dan mitigas yang telah dilakukan dengan peningkatan kapasitas masyarakat melalui sosialisasi dan pelatihan menghadapi bencana serta memasang rambu-rambu rawan bencana banjir dan longsor dan arah evakuasi ketika terjadi banjir.

Dialog berakhir dengan himbauan Kalak BPBD NTB kepada semua pihak terkait dalam penanganan kebencanaan khususnya kekuatan terbesar dalam pengurangan risiko yaitu masyarakat untuk selalu waspada terhadap fenomena La-Nina yang akan menyebabkan curah hujan yang tinggi sampai dengan puncak bulan Februari. Mari kita #siapuntukselamat.

#SiapUntukSelamat
#KitaJagaAlamJagaKita
#SalamTangguh
#SalamKemanusiaan
#BudayaSadarBencana
#KenaliAncamannya
#KurangiRisikonya
#NTBTangguh
#NTBgemilang

Bidang Kedaruratan dan Logistik Pusdalops-PB BPBD NTB

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment