Update Sebaran Kejadian Bencana Alam di NTB Periode 1 Januari - 31 Januari 2022

Update Sebaran Kejadian Bencana Alam di NTB Periode 1 Januari - 31 Januari 2022
Update Sebaran Kejadian Bencana Alam di NTB Periode 1 Januari - 31 Januari 2022

Pada periode 1 Januari – 31 Januari 2022 telah terjadi bencana alam sebanyak 12 kejadian. Dari jumlah tersebut, bencana yang paling sering terjadi yaitu bencana banjir/banjir bandang dengan 6 kejadian, tanah longsor 3 kejadian, angin puting beliung 2 kejadian, dan banjir rob 1 kejadian. Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Dompu menjadi wilayah yang saat ini paling sering dilanda bencana dengan masing-masing 3 kejadian, Kabupaten Bima 2 kejadian, Kabupaten Lombok Tengah 1 kejadian, Kabupaten Lombok Utara 1 kejadian, Kota Bima 1 kejadian dan Kabupaten Sumbawa 1 kejadian serta 3 Kabupaten/Kota masih nihil kejadian. Dari kejadian bencana tersebut mengakibatkan 3.184 Jiwa terdampak, 2 orang luka-luka dan 1 meninggal dunia serta mengakibatkan 13 rumah rusak dengan rincian 3 rusak berat, 8 rusak sedang, dan 2 rusak ringan. Selain itu kejadian ini juga 3 unit jembatan dan 7 titik jalan.

Menurut BMKG, Curah hujan di wilayah NTB pada dasarian III Januari 2022 umumnya berada pada kategori rendah (0-50 mm/das) hingga kategori Menengah (51 - 150 mm/das). Curah Hujan terendah terjadi di wilayah Perigi, Kabupaten Lombok Timur dan Kilo Kabupaten Dompu dengan jumlah curah hujan sebesar 0 mm/dasarian. Curah Hujan tertinggi terjadi di wilayah kokok putih, Kabupaten Lombok Timur dengan jumlah curah hujan sebesar 211 mm/dasarian.  Sifat hujan pada dasarian III Januari 2022 di wilayah NTB di dominasi Bawah Normal (BN).

Masyarakat perlu mewaspadai adanya potensi hujan dengan intensitas >100 mm yang masih berpeluang terjadi di wilayah NTB. Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi bencana hidrometeorologis yang dapat ditimbulkan seperti hujan lebat, angin kencang, banjir, potensi longsor dan lain-lain yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal. Tetap perhatikan informasi cuaca guna menangantisipasi dampak bencana maupun kerugian dalam perencanaan kegiatan anda dan tetap selalu menjaga kesehatan di masa pandemi ini.

-Pusdalops PB-BPBD Provinsi NTB-

#SiapUntukSelamat
#KitaJagaAlamJagaKita
#SalamTangguh
#SalamKemanusiaan
#BudayaSadarBencana
#KenaliAncamannya
#KurangiRisikonya
#NTBTangguh
#NTBGemilang

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment