Workshop Integrasi Sistem Informasi Kebencanaan, Data Katalog dan Platform NTB Satu Data (Kamis, 30 Juni 2022)

Workshop Integrasi Sistem Informasi Kebencanaan, Data Katalog dan Platform NTB Satu Data (Kamis, 30 Juni 2022)
Workshop Integrasi Sistem Informasi Kebencanaan, Data Katalog dan Platform NTB Satu Data (Kamis, 30 Juni 2022)

Workshop Integrasi Sistem Informasi Kebencanaan, Data Katalog dan Platform NTB Satu Data

Dalam rangka mewujudkan Aplikasi Sistem Informasi Kebencanaan BPBD Provinsi NTB yang bekerja sama dengan Siap Siaga mengadakan kegiatan Workshop Integrasi Sistem Informasi Kebencanaan, Data Katalog dan Platform NTB Satu Data di Hotel Santika pada hari Kamis (30/06/2022). Kegiatan ini dilakukan secara hybrid yaitu secara online melalui via zoom dan offline.

Kegiatan Workshop ini dibuka oleh Kalak Provinsi NTB, dalam pembukaanya Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB berharap  kita mendapatkan system yang baik terkait pengelolaan pusdalops, tercapainya komitmen bersama dalam mewujudkan Strategi SIK di NTB, Terciptanta katalog satu bencana yang efektif dan komperhensif kedalam paltform satu data di Provinsi NTB, dan tersusunya draft bisnis proses pengelolaan data dan sistem informasi bencana di Provinsi NTB.

Selanjutnya penyampaian materi dari perwakilan Pusdatinkom BNPB, yang menjelaskan Satu Data Bencana Indonesia. SDBI dibutuhkan karena pelaksanaan penanggulangan bencana membutuhkan data yang lebih akurat, kebutuhan data statistik terkait bencana harus akurat, dan BNPB telah mengembangkan kerangka kerja satu data bencana Indonesia maka perlu payung hukum. Setelah penyampaian materi dari Pusdatinkom BNPB dilanjutkan penyampaian dari Sub Koordinator Kedaruratan yang menyampaikan tugas pokok dan fungsi dari pusdalops, struktur, SOP, dan Strategi SIK-NTB dan Data Katalog Bencana. Setelah penyampaian materi kedua, dilanjutkan penyampaian materi dari Kepala Bidang PTIK Diskominfotik Provinsi NTB, dalam penyampaiannya data dan informasi kebencanaan sangat krusial dalam tanggap darurat bencana sehingga diperlukan adanya sistem untuk pengelolaannya. Sistem tersebut harus mampu memberikan informasi yang akurat. Data dan informasi kebencanaan penting untuk disajikan dalam suatu portal terintegrasi untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi. NTB Satu Data telah menyediakan data kebencanaan yang dihimpun dari OPD terkait. Ada pun untuk data real time dapat diintegrasikan dengan cara menarik data langsung dari SIK. OPD. Penyampaian materi terakhir dari BPBD Kab. Manggelang. BPBD Kab. Magelang merupakan salah satu BPBD yang sudah Sistem Informasi Kebencanaan Kabupaten (SIKK) dan berkembang, hal ini merupakan refrensi dari SIK yang akan dikembangkan di NTB. materi yang disampaikan yaitu proses dalam penyusunan SIKK itu sendiri sehingga ada bayangan nantinya bagaimana saja mekanisme dalam penyusunan SIK.

Setelah semua penyampaian dari 4 narasumber, dilanjutkan penyampaian rencana tindak lanjut oleh fasilitator siap siaga, untuk rencana tidak lanjutnya Melengkapi inventaris data dan pengembangan katalog data bencana, Bisnis Perencanaan Proses SIK, dan membuat pedoman SIK-NTB. Terakhir yaitu penutupan, kegiatan ini tutup oleh Kabid Damkar dan Penyelamatan BPBD Provinsi NTB.
 
#SiapUntukSelamat
#KitaJagaAlamJagaKita
#SalamTangguh
#SalamKemanusiaan
#BudayaSadarBencana
#KenaliAncamannya
#KurangiRisikonya
#NTBTangguh
#NTBgemilang

Pusdalops-PB BPBD NTB

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment