Zoom Meeting dalam Rangka Koordinasi Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Zoom Meeting dalam Rangka Koordinasi Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Mewakili Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB, Kabid RR dan Kerjasama Penanggulangan Bencana mengikuti undangan zoom meeting Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB dalam rangka koordinasi perencanaan rehabilitasi dan rekonstruksi terkait percepatan Hibah Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana TA. 2021, Selasa (12/10/2021). Agenda rapat diawali dengan arahan dan pembukaan dari Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, kemudian dilanjutkan dengan overview penyaluran Hibah Rehabilitasi dan Rekonstruksi dari Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi. 

Acara utama berupa paparan progress penyaluran Hibah RR TA. 2021 yang dipandu oleh Kasubdit Perencanaan dan Pendanaan. Tujuan dilakukan paparan progress penyaluran Hibah RR ini adalah agar BNPB mengetahui kesiapan daerah penerima hibah yaitu berupa update progress DPPA dan proses Perjanjian Hibah Daerah (PHD). Hal tersebut penting untuk disegerakan oleh kab/kota penerima hibah karena berkas pencairan dan DPPA sebagai salah satu syarat pencairan hibah setelah ditandatanganinya PHD. Adapun proses DPPA kab/kota penerima hibah ditarget oleh BNPB harus bisa diselesaikan dalam minggu kedua bulan Oktober ini, jika tidak dapat diselesaikan kab/kota tersebut terancam tidak jadi menerima Hibah RR. Sementara untuk Provinsi yang kab/kota nya menerima Hibah RR, BNPB meminta BPBD Provinsi untuk mengalokasikan dana/anggaran monitoring dan evaluasi sesuai dengan kebutuhan mulai dari TA. 2021 s.d 2022.  

Untuk Provinsi NTB, Kabupaten Lombok Tengah terpilih oleh BNPB  sebagai kabupaten penerima Hibah RR di TA. 2021. Adapun informasi update progress yang sudah dilakukan Kabupaten Lombok Tengah yaitu DPPA sudah dilakukan evaluasi oleh Provinsi, sementara PHD sudah disampaikan kembali ke Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan  (DJPK) Kementerian Keuangan RI.

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment