Bidang Rehabilitasi, Rekonstruksi dan Kerjasama Penanggulangan Bencana

Bidang Rehabilitasi, Rekonstruksi dan Kerjasama Penanggulangan Bencana, menyusun bahan/materi penyusunan kebijakan strategis, koordinasi, pengendalian, pembinaan, fasilitasi, rencana/program, pelaksanaan, pelayanan, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah provinsi dibidang Rehabilitasi, Rekonstruksi dan Kerjasama Penanggulangan Bencana.

Bidang Rehabilitasi, Rekonstruksi dan Kerjasama Penanggulangan Bencana :

  1. Menyusun bahan/materi penyusunan kebijakan strategis pengendalian dan pembinaan kegiatan Rehabilitasi, Rekonstruksi dan Kerjasama Penanggulangan Bencana.
  2. Menyusun bahan/materi kebijakan dan strategi rehabilitasi, rekonstruksi pasca bencana.
  3. Menyusun bahan/materi rencana kerja dan program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.
  4. Menyusun dan melaksanakan penggalangan partisipasi dan peran serta lembaga dan organisasi kemasyarakatan, dunia usaha dan masyarakat dalam kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.
  5. Menyusun dan melaksanakan koordinasi kegiatan perbaikan dan pemulihan semua aspek pelayanan publik atau masyarakat pada wilayah pasca bencana dengan sasaran normalisasi aspek pemerintahan dan kehidupan masyarakat.
  6. Menyusun dan melaksanakan koordinasi kegiatan pembangunan kembali semua prasarana dan sarana pada wilayah pasca bencana dengan sasaran berkembangnya kegiatan perekonomian sosial budaya, tegaknya hukum dan ketertiban dan bangkitnya peran serta masyarakat dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat.
  7. Menyusun dan melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.
  8. Menyusun dan melaksanakan bahan/materi kebijakan usulan RENSTRA, RENJA, RKT, RKA, DPA, DIPA, TAPKIN, LKjIP/LAKIP, LKPJ, LPPD, ILPPD, SOP dan laporan lingkup kegiatan Rehabilitasi Rekonstruksi dan Kerjasama Penanggulangan Bencana.
  9. Menyusun dan melaksanakan bahan/materi kebijakan koordinasi, monitoring dan evaluasi.
  10. Mendistribusikan tugas dan menilai kinerja bawahan.
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugas dan fungsi.

Bidang Rehabilitasi, Rekonstruksi dan Kerjasama Penanggulangan Bencana membawahi 2 Seksi :

Seksi Rehabilitasi, Rekonstruksi, menyiapkan bahan/materi penyusunan kebijakan strategis, koordinasi,pengendalian,pembinaan,
fasilitasi, rencana/program, pelaksanaan, pelayanan, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah provinsi dibidang Penanggulangan Bencana kegiatan Rehabilitasi Rekonstruksi.

Seksi Kerjasama Penanggulangan Bencana, menyiapkan bahan/materi penyusunan kebijakan strategis, koordinasi, pengendalian, pembinaan, fasilitasi, rencana/program, pelaksanaan, pelayanan, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah provinsi dibidang Penanggulangan Bencana kegiatan Kerjasama Penanggulangan Bencana.