Mataram, Senin 24 November 2025 - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima kunjungan tim penilaian visitasi monitoring dan evaluasi Komisi Informasi Publik (KIP) Tahun 2025. Kunjungan ini bertujuan untuk menilai komitmen, inovasi, strategi, sarana, prasarana, dan digitalisasi dalam pelayanan publik di BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Kunjungan tim penilaian visitasi monitoring dan evaluasi Komisi Informasi Publik (KIP) disambut langsung oleh Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) yang mewakili Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB karena berhalangan hadir pada kesempatan kali ini, Kepala Bidang Damkarmat BPBD Provinsi NTB menyampaikan apresiasi atas kunjungan tim penilaian dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Beliau juga menjelaskan bahwa BPBD Provinsi NTB telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik. Selain Kepala Bidang Damkarmat, Tim Penilaian KIP ini juga disambut oleh Kepala-Kepala Bidang yang ada dalam struktur BPBD Provinsi NTB yakni Plt Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (KL) dan Kepala Bidang Rehab Rekon dan Kerjsama PB (RR dan KPB).
Setelah sambutan, tim PPID BPBD Provinsi NTB mempersentasikan inovasi pelayanan publik apa saja yang dimiliki PPID BPBD Provinsi NTB dalam melayani publiik terkait informasi kebencanaan, seperti: Sosial Media BPBD Provinsi NTB, Call Center 117 PUSDALOPS BPBD Provinsi NTB, Infografis bencana bulanan dan fitur-fitur yang ada dalam Sistem Informasi Kebencanaan (SIK) yang dalam pengembangannya sudah ada dalam bentuk aplikasi mobile, yang dimana salah satu fiturnya meliputi lapor bencana, fitur ini bisa digunakan langsung oleh masyarakat bisa melapor langsung kejadian bencana lewat handphone masing-masing via aplikasi SiAGA NTB Mobile.
Setelah itu, Tim penilaian visitasi monitoring dan evaluasi KIP melakukan penilaian dengan melakukan wawancara, observasi, dan pengumpulan data terkait pelayanan publik di BPBD Provinsi NTB. Tim KIP menanyakan beberapa hal terkait materi-materi yang disampaikan oleh Tim PPID BPBD Provinsi NTB dan transparansi informasi dalam pelayanan publik kepada masyarakat.
Hasil penilaian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Provinsi NTB terutama di bidang kebencanaan. Kunjungan ini juga merupakan kesempatan bagi BPBD Provinsi NTB untuk mempresentasikan capaian dan inovasi dalam pelayanan publik, serta menerima masukan dan saran dari tim penilaian untuk perbaikan ke depan.